adada
Company Profile Koperasi Konsumen Mitra Waluyo Sejati
+6285715100485

SEJARAH KOPERASI KONSUMEN MITRA WALUYO SEJATI

Koperasi Konsumen Mitra Waluyo Sejati yang sekarang ini mempunyai cerita yang cukup panjang  sehingga menjadi seperti sekarang ini. Berawal dari adanya program PLAN Internasional yaitu program sosial yang peduli terhadap masyarakat yang masih tertinggal. Plan intenasional adalah lembaga yang peduli akan ketertinggalan SDM warga desa pejengkolan, oleh karena itu banyak sekali program yang diluncurkan dengan harapan masyarakat desa pejengkolan kelak akan berkembang dan maju.

Berawal dari kegiatan bersama dengan anak- anak hingga orang dewasa salah satunya adalah peningkatan ekonomi keluarga dengan pelatihan pembuatan kue yang sasarannya adalah para relawan desa yang mau membantu tanpa balas jasa, dari kegiatan itu munculah ide untuk menambah modal mereka dipinjami uang minimal Rp.100.000 dan harus bisa mngembalikan dalam waktu satu bulan tanpa balas jasa, tidak semua relawan mau menerimanya, mereka masih takut dengan yang namnya hutang.

Program pinjaman uang kemudian dikembangkan menjadi program simpan pinjam dengan modal simpanan wajib Rp.2000 dan simpanan pokok Rp.10.000 kemudian berkembang menjadi banyak peminatnya dan untuk selanjutya dibentuklan menjadi satu wadah simpan pinjam yaitu Koperasi Simpan Pinjam Waluyo Sejati yang bertempat di salah satu rumah relawan, dengan harapannya koperasi ini selalu berkembang dari oleh dan untuk kita sebagai anggota. KSP waluyo sejati ini semakin berkembang dibawah bimbingan pendamping Pak Sugiarta dari KSP Mekar Mas Yogyakarta dan dinas terkait.

Tahun 2013 koperasi dihimbau untuk berbadan hukum, hingga akhirnya kami proses badan hukum dan alhamdulilah tahun 2014 kami bisa berbadan hukum. Tahun berikutnya KSP Waluyo sejati punya program pembangunan gedung karena selama ini belum punya gedung. Berawal dari pembelian tanah dan dilakukan penyusutan disetiap tahunnya kemudian di tahun 2016 proses pembuatan gedung dan tahun 2017 gedung resmi ditempati.

Ijin operasional tentang simpan pinjam  sudah terealisasi, tahun 2019 KSP waluyo sejati diarahkan untuk menjadi koperasi yang berkembang sehingga harus menambah pelayanan dan ganti ijin operasional lagi ke dinas Koperasi. Berdasarkan musyawarah KSP diganti menjadi Koperasi Konsumen Mitra Waluyo Sejati  dengan 5 layanan antara lain, Usaha simpan pinjam, usaha bibit pertanian dan pupuk, usaha perbengkelan, jasa sewa gedung dan warung sembako sebagai progam unggulan. Kegiatan layanan simpan pinjam yang selama ini sudah berjalan transaksinya setiap tanggal 5 dan tanggal 20 disetiap bulannya, sedangkan untuk layanan lainnya menyesuaikan kebutuhan.

Koperasi Konsumen mempunyai 3 orang pengawas dan 7 orang pengurus yang menangani program koperasi. Kegiatan rutin setiap bulannya adalah layan simpan pinjam dan warung sembako.