adada
Company Profile Koperasi Konsumen Mitra Waluyo Sejati
+6285715100485

Dosen Universitas Bina Sarana Informatika berikan Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Sistem Smart Garden Berbasis IOT Pada Tanaman di KWT Indah Lestari

Team  Dosen dari Universitas  Bina Sarana  Informatika Kampus  Kota  Yogyakarta, Sabtu 28 Oktober 2023 mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat untuk menunjang Tri Darma Perguruan Tinggi dengan tema “Sosialisasi dan Implementasi Pengembangan Sistem Smart Garden Berbasis IOT Pada Tanaman di KWT Indah Lestari.

Manfaat dari pengabdian masyarakat ini untuk mengembangkan sistem otomatisasi penyiraman dan monitoring tanaman menggunakan teknologi Internet of Things (IOT). Dengan adanya sistem ini, para petani akan mendapatkan manfaat seperti efisiensi penggunaan air dan penghematan tenaga kerja karena mereka dapat memantau kondisi tanaman secara real-time melalui aplikasi atau platform online, serta menerima pemberitahuan jika ada kondisi yang membutuhkan tindakan. Sebelum pelatihan dimulai, sambutan terlebih dahulu disampaikan oleh Ketua KWT Indah Lestari, Ibu Siti Murtafiah. Sedangkan koordinator tutor  disampaikan oleh Bapak Gunawan Budi Sulistyo, S.Kom., M.Kom.

Pelatihan dan pendampingan ini disambut  antusias oleh  pengurus KWT dan perwakilan dinas pertanian  yang nantinya akan menggunakan sistem smart garden berbasis IOT ini. Beberapa pengurus KWT dan perwakilan dari dinas pertanian mengajukan beberapa pertanyaan misalnya cara menggunakan alat tersebut dan lansung direspon oleh Bapak Gunawan Budi Sulistyo, S.Kom., M.Kom.. Kemudian semua peserta Pengabdian Masyarakat praktek menggunakan alat ini ke kebun tanaman KWT Indah Lestari yang didampingi oleh Bapak  Gunawan Budi Sulistyo, S.Kom., M.Kom.  Team Dosen Universitas Bina Sarana Informatika yang ikut dalam pelatihan ini adalah Gunawan Budi Sulistyo, S.Kom., M.Kom., Lina Ayu Safitri, S.E., M.M dan Sri Kiswati, S.T., M.M. Selain team dosen, Pengabdian Masyarakat juga melibatkan beberapa mahasiswa yaitu Bayu Kresna Adji NIM 12220338 dan Muhammad Naufal Zul Fauzi NIM 12220477.

Kami dari team dosen, mahasiswa dan juga para peserta Pengabdian Masyarakat  mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar besarnya kepada Universitas Bina Sarana Informatika atas pendanaannya sehingga bisa  terselenggara pelatihan ini yang sangat bermanfaat bagi semua pihak  khususnya bagi  KWT Indah Lestari Magelang.